Pages

Minggu, 23 Desember 2012

TIPS BERBELANJA ONLINE

TIPS BELANJA ONLINE

Dulu seseorang membeli dengan interaksi tetapi seiring waktu berjalan berbelanja menjadi berbelanja lewat media yang maya ini

1. Pahami resiko belanja online.Sebelum anda memulai berburu barang yang anda ingikan, pahami bahwa anda menghadapi sejumlah resiko belanja online. Anda bisa saja mendapat barangyang tidak sama persis karena faktor warna layar monitor. Misalnya, warna tas yang anda terima lebih terang daripada di foto. Atau juga, ukuran yang diharapkan tidak sesuai dengan bayangan. Semua bisa terjadi, karena pada saat berbelanja online, pembeli tidak bisa melihat barangnya secara langsung. Pembeli hanya melihat foto dari gambar yang dijual dan tentu saja foto dengan barang yg dijual pastilah ada beberapa perbedaan.
Dari sudut lain, bisa saja resiko terjadi saat membeli barang secara online. Misalnya saja dari segi pengiriman barang. Mungkin jasa pengiriman tidak bekerja secepat yang dijanjikan sehingga anda harus menunggu lama. Atau mungkin juga barang yang diantarkan rusak saat pengiriman sehingga bisa terjadi perdebatan antara pembeli dan penjual. Pembeli tidak mau menerima barang yang rusak, sedangkan penjual tidak mau menerima kembali barang yang dikirimkan karena sudah memastikan terlebih dahulu bahwa barang tersebut dalam kondisi baik sebelum dikirimkan. Tentu saja ini tidak diinginkan. Karena itu, saat berbelanja online, pastikan kesepakatan yang baik sebelum memutuskan untuk membeli barang secara online. Dengan kata lain, jika anda enggan menunggu, belanja online mungkin bukan pilihan Anda.


2. Cari Tahu Reputasi penjual (seller) Anda.Coba cari tahu apakah ada keluhan mengenai penjual tersebut dan lihat bagaimana sang penjual menangani keluhan tersebut. Hal ini bisa dilakukan dengan searching di Google tentang keluhan pelanggan terhadap penjual yang akan kita ajak kerja sama. Karena, sangat banyak toko online yang memang berkedok penipu. Biasanya mereka menjual barang dengan harga jauh dibawah harga pasaran untuk menarik minat pengunjung. Tetapi , setelah uang ditransfer, barang tak kunjung datang. Dan akan sangat sulit memperkarakan masalah ini dipengadilan tanpa bukti yang kuat.

Karena itu, berhati-hatilah dalam memilih penjual online dan lihatlah kewajaran yang ada di toko online tersebut.


3. Cari rekomendasi dari teman atau komunitas yang anda percayai.Anda juga bisa memakai twitter or facebook untuk mencari tahu. Pelanggan yang puas pasti akan senang hati memberi tahu orang lain untuk berbelanja ditempat yang sama. Dan tentu saja, pelanggan yang tidak puas atau bahkan ditipu, akan memberikan peringatannya agar tidak terjadi penipuan terhadap orang selain dirinya.

Mencari rekomendasi dari teman, tentulah bisa lebih dipercaya. Apalsgi jika teman kita tersebut sering melakukan belanja online disebuah toko online. Mengikuti jejaknya untuk berbelanja ditempat tersebut bukanlah sebuah hal buruk, bahkan itu adalah hal aman yang bisa dilakukan untuk meminimalkan penipuan saat belanja online tersebut


4. Baca aturan belanja online situs anda.Belanja online berbeda dengan toko biasa anda tinggal masuk toko dan meminta barang yang anda inginkan. Saat berbelanja online, anda perlu memahami aturan belanja penjual anda. Mungkin dia hanya mau merespon SMS anda dari jam 8 pagi hingga jam 5 sore, jadi jangan cepat gusar jika sms anda pada jam2 pagi tidak dibalas segera. Atau, mungkin dia membutuhkan beberapa hari untuk memproses pengiriman barang anda.

Yang pasti, perhatikan baik-baik peraturan dari penjual online tersebut dan jangan ragu untuk menanyakan apabila ada peraturan yang kurang dimengerti. ajukan juga pertanyaan tentang kemungkinan-kemungkinan yang mungkin terjadi dan bagaimana cara penjual online tersebut menanggapi hal tersebut. Jangan samapai setelah kita membeli barang online, ada peraturan dari penjual online tersebut yang merugikan kita. Misalnya saja barang yang dibeli tidak bisa ditukar atau dikembalikan. Ini tentu saja akan sangat merugikan kita karena kita tidak tahu bagaimana kondisi nyata barang yang akan kita beli tersebut


5. Percayailah Insting Anda.Amankah berbelanja ditempat itu? Terkadang jawabannya ada di insting anda sendiri. Jika anda merasa ada sesuatu yang aneh, lebih baik anda batalkan saja. Anda juga bisa memperhatikan sering tidaknya content situs itu di-update, kualitas foto yang ditampilkan, atau cepat tidaknya penjual merespon anda. Jika fotonya asal-asalan atau mencomot situs lain, anda perlu mempertimbangkannya lagi.

Insting memang tidak bisa diandalkan sepenuhnya, karena bisa jadi insting anda mengatakan toko online tersebut bagus, padahal sebenarnya toko online tersebut bermasalah. Tetapi, setidaknya jikapun toko online tempat kita melakukan pembelian melakukan penipuan, kita tidak akan terlalu kesal karena sudah merasa yakin bahwa toko online yang dipilih sudah tepat.


Jika anda tidak pecaya coba berbelanja online dengan tips saya

Sumber : http://www.kaskus.co.id/post/50d784741c7608ef62000083#post50d784741c7608ef62000083

0 komentar:

Posting Komentar